Minggu, 05 Agustus 2012

Tiru Keberhasilan Rasulullah



Tiga kata kunci dalam tema hari jadi provinsi Kalimantan Sela tan ke 62 bermak na sangat dalam. Yakni rakat, cang kal, dan manuntung. Tiga kata ini seperti sebuah visi misi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakatnya.

Sebagai perumpaan, tiga poin diatas dapat pula dijumpai pada masa hijrahnya Rasulullah ke kota Madinah. Di kota Madinah, Rasulullah mampu menyatukan perbedaan diantara penduduk tanpa harus melukai seorang pun. Dan mereka pun patuh terhadap aturan yang Rasulullah buat. Namun tugas menegakkan kalimat laa ilaha illallah tetap menjadi prioritas beliau. Melalui perjuangan yang keras, Islam pun mencapai puncak kejayaan pada saat itu.

Keberhasilan Rasulullah dalam membina hubungan antara pemerintah dan masyarakat tidak lepas dari kredebilitas beliau yang tinggi. Empat pedoman dalam diri Rasulullah yakni siddiq, tablig, amanah, dan fathonah tak pernah luput dalam kesehariannya. Selain itu, seiramanya ucapan dan perbuatan juga menjadi penilaian tersendiri bagi diri Rasulullah.

Berlandaskan sifat-sifat tersebutlah rasa kepercayaan menyentuh sanubari seluruh penduduk kota Madinah. Dan mereka yakin di tangan Rasulullah pasti akan sejahtera.

Sejarah tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan sebuah tujuan harus ditopang kredebilitas tinggi dari seorang pemimpin, dan turut pula didukung kesadaran dalam diri masyarakat yang menginginkan perubahan ke arah lebih baik. Zaman dan metode boleh berbeda, namun modal dalam diri sendiri itu yang lebih penting.

Untuk itu, 62 tahun provinsi Kalimantan Selatan ini mari mengevaluasi diri masing-masing demi pembangunan banua tercinta. Semoga apa yang pernah menjadi gambaran sejarah keberhasilan Rasulullah dalam menata sebuah pemerintahan, turut dirasakan pula banua Kalimantan Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar